Produk Domestik Regional Bruto Kabupaten Kotawaringin Timur Menurut Pengeluaran 2019–2023 - Badan Pusat Statistik Kabupaten Kotawaringin Timur

[NEW] Telah Rilis Kabupaten Kotawaringin Timur Dalam Angka 2021, silahkan unduh disini

Kunjungi Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kotawaringin Timur dialihkan via WhatsApp di 0821-1001-6202


Silahkan isi Survei Kebutuhan Data 2021 untuk meningkatkan kualitas pelayanan kami.

Produk Domestik Regional Bruto Kabupaten Kotawaringin Timur Menurut Pengeluaran 2019–2023

Nomor Katalog : 9301005.6202
Nomor Publikasi : 62020.24005
ISSN/ISBN : 2621-4563
Tanggal Rilis : 30 April 2024
Ukuran File : 3.28 MB

Abstraksi

Produk Domestik Regional Bruto menurut pengeluaran (PDRB Pengeluaran) merupakansalah satu bentuk tampilan data ekonomi suatu wilayah, di samping bentuk tampilan lain sepertiPDRB menurut lapangan usaha, Tabel Input-Output, Sistem Neraca Sosial Ekonomi, dan NeracaArus Dana. Di dalam sistem kerangka kerja (frame work) data ekonomi suatu wilayah, PDRBPengeluaran merupakan ukuran dasar (basic measure) yang menggambarkan penggunaan atasbarang dan jasa (product) yang dihasilkan melalui aktivitas produksi. Dalam konteks ini, PDRBPengeluaran itu menggambarkan hasil “akhir” dari proses produksi yang berlangsung dalam batasbatas teritori suatu wilayah. Berbagai jenis barang dan jasa akhir tersebut akan digunakan untukmemenuhi permintaan akhir oleh pelaku ekonomi domestik maupun pelaku ekonomi dari luarwilayah bahkan dari luar negeri. Beberapa agregat penting dapat diturunkan dari PDRBPengeluaran ini, seperti variabel pengeluaran konsumsi akhir, pembentukan modal tetap brutoatau investasi fisik, serta ekspor dan impor.
Melalui pendekatan ini dapat diketahui perilaku masyarakat dalam menggunakanpendapatan, apakah hanya untuk tujuan konsumsi (akhir) atau juga untuk tujuan investasi (fisik).Selain itu juga dapat diketahui besarnya ketergantungan ekonomi wilayah (domestik) terhadap luarnegeri dalam bentuk perdagangan internasional (external transaction). Selisih antara ekspor danimpor juga disebut sebagai “ekspor neto”. Sebagaimana PDRB Produksi, dari PDRB Pengeluaranjuga dapat diturunkan berbagai data agregat tentang perekonomian wilayah seperti nilai nominal,struktur atau distribusi pengeluaran konsumsi akhir, pertumbuhan “riil”, serta indeks hargaimplisit. Data yang dimaksud tersedia baik untuk masing-masing komponen PDRB Pengeluaranmaupun untuk total perekonomian.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Kotawaringin TimurJl. A.Yani No.5

Sampit

Kel. Mentawa Baru Hulu

Kec. Mentawa Baru Ketapang

Kab. Kotawaringin Timur

Prov. Kalimantan Tengah

74322Telp (0531) 21221

Email: bps6202@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik